Assalamu'alaikum Jama'ah Islam Dunia
Di Jaringan Dakwah Islam

Senin, 05 September 2011

Kenapa Jepang Bisa Maju



Jepang, negara kecil yang dulunya sangat tertutup dan memang menutup diri dari bangsa asing. Jepang mulai maju ketika di pimpin oleh kaisar Meiji. Dengan mengirimkan pemuda-pemuda Jepang ke negara asing untuk mempelajari teknologi disana dan saat itu banyak buku-buku yang ditranslate ke dalam bahasa Jepang dan di jual dengan harga yang murah. Sampai saat ini mungkin masih bisa dirasakan, dimanapun mereka berada masih menyempatkan diri untuk membaca. Yang perlu kita ketahui adalah rahasia kenapa negara yang pernah diluluhlantakan bom nuklir oleh sekutu itu segera bangkit dan menjadi negara yang terdepan dalam bidang teknologi? Satu yang melandasi restorasi Meiji adalah mempertahankan kebudayaan dan etos kerja. Meskipun mereka menjadi bangsa yang maju nilai-nilai dasar masyarakat asli Jepang tidak pernah hilang. Nilai-nilai itu terangkum dalam 7 nilai dasar BUSHIDO yaitu 1. Gi (Pengambilan keputusan berdasarkan kebenaran, meskipun mati dengan keputusan itu, matilah dengan gagah karena matinya terhormat), 2. Yu (Berani dan kstaria, 3. Jin(murah hati, mencintai sesama), 4. Re (Santun, bertindak benar, 5. Makoto (Bersikap tulus, setulus-tulusnya tanpa pamrih), 6. Meiyo (menjaga kehormatan, martabat dan kemuliaan), 7. Chugo (Mengabdi, Loyal). 7 nilai prinsip itu dibaca setiap pagi(diulang-ulang) dan tertanam dalam hati sehingga nilai dasar tersebut menjadi prinsip hidup.
Indonesia, negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Kewajiban seorang muslim, salah satunya adalah ibadah sholat. Di dalam rukun sholat banyak bacaan yang dibaca berulang-ulang, yang salah satunya adalah surat Al-Fatihah yang berjumlah 7 ayat (Bushido juga ada 7 prinsip). Coba pahami dan resapi 7 ayat tersebut. Sudahkah kita meresapi arti secara ayat per ayat? Atau hanyakah sekedar untuk menggugurkan kewajiban? Naudzubillah.
Bushido di buat atau diciptakan manusia, sedangkan Al-Fatihah adalah wahyu dari Allah. Jadi lebih hebat mana, Bushido yang hanya dibaca 1 kali sehari oleh penduduk Jepang atau Indonesia yang membaca Al-Fatihah minimal 17 kali sehari? Allahu Akbar, hanya dengan kehendak-Nya bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang dihormati oleh bangsa lain. Amin.
Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Quran yang agung (Q.S. Al Hijr : 87)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar